Komplikasi Penyakit Tipes Yang Berbahaya

Diposkan oleh Unknown on Rabu, 22 Juni 2016

Komplikasi Penyakit Tipes Yang Berbahaya

Komplikasi Penyakit Tipes Yang Berbahaya - Demam tipes adalah penyakit systemik yg disebabkan oleh bacteri Salmonella typhi. Secara global penyakit ini menimpa 17 juta orang & mengibatkan 600.000 kematian per thn, seperti yg diperkirakan oleh World Health Organijation (WHO). perkara ini terjadi jauh lebih sedikit di negara-negara maju seperti Amerika Serikat, United Kingdom, & sebagainya.

Komplikasi Penyakit Tipes Yang Berbahaya
Komplikasi Penyakit Tipes Yang Berbahaya

Antibiotik bisa mengatasi demam typoid secara epektip. namun tak semua pengidap lekas mengonsumsi antibiotic, bahkan CDC memberikan laporan bahwa sebanyak 20 persen dari kasus-kasus yg tak diobati menyebabkan kematian akibat komplikasi.

Perdarahan Gastrointestinal

Salah satu komplikasi yg serius dari penyakit tipes adalah perdarahan gastrointestinal. Kemunculan darah dalam tinja terjadi dalam satu0 hingga 20 persen dari pasien, & pendarahan berat bisa terjadi dalam 2 persen pasien. Penurunan tekanan darah & shock bisa menyertai pendarahan yg terjadi, yg mempunyai angka kematian dari sekitar 25 persen menurut Merck Manual.

Perporasi Usus

WHO melaporkan bahwa sampai 3 persen dari pasien dengan tifus (demam typoid) mendapatkan masalah perporasi usus, yg terjadi saat sebuah lubang berkembang di usus & mengibatkan bocor isinya ke perut.

Tanda-tanda perporasi usus termasuk berat & sakit perut, peningkatan denyut jantung, penurunan tekanan darah yg tiba-tiba, mual & muntah. perkara ini bisa mengibatkan peritonitis, atau peradangan selaput lapisan dinding perut & organ. Perporasi usus merupakan kondisi darurat yg mengancam kehidupan & umumnya membutuhkan pembedahan untuk perbaikan perporasi usus. Untuk masalah yg lebih serius, dapat terjadi perporasi akut tentunya.

Komplikasi Neurologis

Dalam kasus penyakit tipes yg berat, munculnya demam dikaitkan dengan tanda neurologis, seperti delirium & perubahan kesehatan mental. Menurut WHO, tanda neurologis seperti ini mempunyai tingkat kasus kematian yg tinggi. Tanda psikotik, kejang & meningitis typhoid, yg merupakan inpeksi & peradangan cairan dan membran di sekita system sarap, jua bisa terjadi.

Kambuh Kembali

Merck Manual menyatakan bahwa antara 8 hingga satu0 persen pasien tifus (tipes) yg diobati mungkin mengalami kambuhnya penyakit tipes sekitar 2 pekan setelah pemulihan. Tanda ini umumnya lebih ringan daripada penyakit awal, & bila sebelumnya antibiotik yg dipakai telah cocok maka penyembuhannya dapat jadi lebih cepat dari nyeri yg pertama.

Carrier Pembawa Tifus

Menurut WHO, satu-5 persen dari pasien dengan demam typoid bisa menjadi carrier penyakit ini. Ini berarti bahwa pasien terus mengeluarkan bacteri Salmonella dalam urine & peses (kotoran) walaupun telah sembuh, & mereka bisa berpotensi menularkan inpeksi ini kepada orang lain.

Komplikasi Lainnya

Demam typoid (tifus) bisa mempunyai banyak komplikasi lainnya, termasuk kelainan darah, radang paru-paru (pneumonia), myocarditis atau peradangan otot-otot jantung, pankreatitis atau peradangan pankreas, & hepatitis. Inpeksi ginjal, jaringan lunak & tulang jua bisa terjadi, kata WHO.


Komplikasi Penyakit Tipes Yang Berbahaya
Komplikasi Penyakit Tipes Yang Berbahaya Komplikasi Penyakit Tipes Yang Berbahaya Komplikasi Penyakit Tipes Yang Berbahaya Komplikasi Penyakit Tipes Yang Berbahaya Komplikasi Penyakit Tipes Yang Berbahaya Komplikasi Penyakit Tipes Yang Berbahaya Komplikasi Penyakit Tipes Yang Berbahaya 

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar